Rabu, 22 Oktober 2008

Perbedaan Konsep CRM

Pernahkan Anda mengetahui Definisi dari apakah CRM itu ?

Pasti kebanyakan dari kita akan menjawab Customer Relationship Management bukan ?

Saya juga menjawab seperti itu, namun ternyata bagi beberapa pihak CRM diartikan sebagai:
  • Customer Relationship Marketing

  • Customer Management ( karena beberapa orang menganggap bahwa tidak semua pelanggan ini berhubungan dengan suppliernya )

  • Customer Relationship

Dari ke-3 definisi tersebut, mungkin Anda pun bisa menambahkan lagi singkatan yang baru :)
Namun apapun pendapat mereka, yang pasti CRM adalah praktek berbisnis yang memfokuskan ( berorientasi ) pada pelanggan.


Yang ingin saya coba bahas disini adalah ada banyak pihak yang memiliki pengertian akan konsep CRM yang berbeda-beda.
Secara garis besar perbedaan konsep ini diantaranya adalah:

  1. CRM sebagai Database Marketing
  2. CRM sebagai proses pemasaran
  3. CRM adalah Software / Aplikasi Komputer
  4. CRM adalah program loyalitas


Yuk, kita coba bahas tentang CRM sebagai database marketing
CRM dimamfaatkan sebagai Database marketing memang sudah sering terjadi, pada umumnya perusahaan sudah melakukan hal ini sejak lama, bahkan sejak mereka mengenal istilah CRM.
Pada dasarnya CRM sebagai database marketing ini sangat sederhana yaitu mengumpulkan berbagai data pelanggan maunpun calon pelanggan dari berbagai sumber untuk kemudian disimpan di software spreadsheet sederhana semacam excel.

Setelah itu biasanya pemasar melakukan beberapa pekerjaan analisis ( Analitical CRM ) untuk mendapatkan insight yang baru mengenai profil pelanggan mereka, behaviour mereka, atau urusan lain sebagainya.


Sayangnya menurut saya bila kita memperlakukan CRM sebagai database marketing saja maka tujuan CRM secara optimal bisa jadi tidak tercapai, seharusnya CRM tidak difungsikan sesempit ini, misalnya fungsi CRM untuk tujuan Strategis maupun Operasional akan tidak tercapai.

Bagaimana pendapat Anda tentang fungsi CRM sebagai database marketing ini ?

Sedangkan, untuk definisi CRM sebagai proses pemasaran akan kita coba bahas di postingan selanjutnya.....

3 komentar:

Rumah Cantik Meema mengatakan...

Kalau hanya mengetahui behaviour dan profil customer, memang CRM akan terlalu sederhana. yang penting adalah ketika perusahaan mampu menterjemahkan hasil data mining database menjadi sebuah strategi atau program marketing selanjutnya..

Anonim mengatakan...

konsep dari CRM itu sendiri apa ya?? boleh dijelaskan
terima kasih

tian mengatakan...

SMS/internet banking termasuk CRM nggak ya?
Terima kasih...